Peralatan Masak dari Bahan Teflon dan Perawatannya

Saat ini jika membicarakan peralatan masak, Teflon memang menduduki peringkat pertama. Hal ini dikarenakan teflon yang menggunakan bahan anti lengket, dan juga memiliki harga yang sangat terjangkau untuk kantong ibu rumah tangga. Namun banyak yang belum mengetahui, bagaimana cara merawat peralatan masak yang terbuat dari bahan Teflon? Berikut caranya.

Tips Merawat Teflon

1.      Hindari menggunakan alat masak dari logam

Salah satu hal yang tidak disadari oleh banyak orang adalah, menggunakan alat masak lain dengan bahan logam untuk Teflon. Untuk anda yang memiliki peralatan masak yang terbuat dari bahan Teflon, ada baiknya untuk tidak menggunakan spatula yang memiliki bahan terbuat dari logam. Anda dapat menggantinya dengan spatula berbahan kayu halus.

Hal ini dikarenakan, menggunakan alat masak yang terbuat dari bahan logam, atau spatula yang terbuat dari bahan logam justru akan membuat Teflon yang anda miliki tergores. Hal ini akan merusak Teflon, dan membuat lapisan anti lengket yang di milikinya tergores dan anti lengketnya menjadi rusak.

2.      Selalu gunakan api kecil hingga sedang

untuk anda yang rutin untuk menggunakan peralatan masak, dengan bahan Teflon sebaiknya menggunakan api yang kecil hingga sedang. Hal ini dikarenakan, peralatan masak yang memiliki bahan dari Teflon, memang memiliki rancangan untuk memasak makanan hanya dengan api yang kecil hingga sedang saja.

Bahkan jika anda memasak makanan dengan suhu api yang tinggi, alat masak Teflon yang anda miliki akan menyebabkan lapisan anti lengket yang dimilikinya justru meleleh, lalu mengelupas atau bahkan menguap. Hal ini tentunya dapat menjadikan makanan anda memiliki bahan beracun yang di sebabkan oleh lapisan anti lengket yang meleleh.

3.      Mencuci Teflon

Jika anda baru saja menggunakan Teflon dan masih dalam keadaan yang panas, sebaiknya jangan buru-buru untuk mencuci Teflon tersebut dengan air. Salah satu penyebab kerusakan anti lengket yang dimiliki oleh Teflon, selain dengan suhu yang terlalu panas adalah perubahan suhu yang drastis atau cepat yang di miliki oleh Teflon.

Untuk anda yang ingin mencuci Teflon yang anda miliki, sebaiknya tunggulah hingga Teflon dalam suhu yang dingin dan aman untuk di cuci. Hal ini akan membuat lapisan Teflon tidak rusak. Selalu ingat juga untuk mencuci Teflon, menggunakan sabun pencuci piring dan juga spon pencuci piring yang lembut. Hal ini untuk menghindari Teflon yang tergores dan rusak.

Selain itu, selalu hindari juga untuk merendam panci atau alat masak lainnya dengan air sabun, hal ini juga akan menyebabkan anti lengket yang dimiliki oleh Teflon akan menyerap aroma dan rasa dari sabun tersebut. Peralatan dapur hotel Surabaya, restoran Semarang atau bahkan cafe Jogja dan tempat makan lain juga menggunakan cara yang sama, untuk menjaga peralatan masak yang dimilikinya.

[sc name=”katalog”]

4.      Bersihkan noda yang membandel pada teflon

Untuk membersihkan noda membandel yang dimiliki oleh Teflon, salah satu cara ampuh untuk menghilangkan nodanya adalah dengan menggunakan asam sitrat atau baking soda. Cara ini sangat ampuh untuk membersihkan kerak kotoran, yang mana melekat di dasar wajan atau panci Teflon yang anda gunakan. Caranya membersihkan dengan cara ini juga sangat mudah.

Caranya yaitu anda tinggal merebus sedikit air, yang mana sebelumnya sudah di campur dengan asam sitrat atau baking soda. Jangan lupa untuk merebusnya menggunakan peralatan masak yang terbuat dari Teflon. Setelah air campuran baking soda atau bahkan asam sitrat tersebut sudah mendidih, anda bisa langsung mencuci Teflon seperti biasa untuk membersihkannya.

5.      Penyimpanan

Sebagai salah satu supplier atau pengguna wajan Teflon, anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk menyimpan Teflon yang anda miliki. Jika setelah dicuci, wajan Teflon yang anda miliki sudah dalam keadaan yang kering. Anda dapat melapisinya sedikit dengan minyak goreng. Hal ini dilakukan, agar Teflon tersebut tetap terjaga kelembapannya.

Jangan menuangkan minyak dalam jumlah banyak, anda cukup menggunakan kain yang sudah di olesi oleh minyak goreng dan oleskan secara perlahan di permukaaan alat masak yang akan anda gunakan. Cara ini sudah digunakan oleh beberapa dapur restoran Bandung, hotel Jakarta, rumah makan dan masih banyak lagi dan ampuh untuk menjaga Teflon dengan baik.

Selain itu, cara lain dalam menjaga atau menyimpan Teflon, jangan pernah untuk menumpuk berbagai peralatan masak berbahan Teflon dengan bahan peralatan masak logam. Hal ini justru akan menjadi penyebab terbesar teflon akan tergores. Untuk menghindari kemungkinan ini, anda dapat menggantung peralatan dapur Teflon yang anda miliki agar tidak tergores.

Dengan cara menggantung, peralatan masak yang terbuat dari Teflon yang anda miliki akan aman. Hal ini juga akan menjaga lapisan anti gores yang dimiliki oleh Teflon tidak tergores, dan awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

6.      Berhenti menggunakan Teflon yang sudah banyak tergores

Jika Teflon yang anda miliki, sudah banyak tergores jangan ragu untuk tidak menggunakannya lagi. Anda dapat membeli Teflon baru, karena saat ini sudah banyak distributor yang menjual Teflon. Hal ini dikarenakan, kemungkinan besar jika Teflon sudah memiliki banyak goresan maka lapisan anti lengket yang dimilikinya sudah terkelupas dan tercampur ke dalam makanan.

Hal ini tentunya akan sangat berbahaya, apalagi akan merubah makanan anda menjadi racun. Jangan lupa untuk terus mengikuti tata cara penggunaan Teflon dengan baik.

Itulah beberapa tips yang dapat anda ketahui dalam merawat peralatan masak yang terbuat dari Teflon. Hal ini akan membuat Teflon anda awet, dan aman dari bahaya-bahaya yang terjadi seperti lapisan anti lengket yang terkelupas.